Rabu, 21 Maret 2012

Real Madrid dan Julukannya.




la ligaSebagai fans Real Madrid, tentunya harus tau seluk beluk tim ini. Paling tidak para Madridista harus tau julukan Madrid ini.

Saat ini julukan yang sering didengar untuk Madrid adalah Los Galacticos, Los Blancos, Los Merengues, Ye-Ye Team, hingga Los Vikingos.

Namun kebanyakan fans Madrid kerap mengucapkan julukan tersebut, tidak semuanya mengerti makna dari julukan tersebut. Berikut cerita singkat tentang makna dan latar belakang dari nickname-nickname Madrid.

Los Blancos
Blancos adalah bahasa Spanyol yang berarti putih. Dari arti harfiah tersebut sebenarnya sudah mudah untuk menebak makana dari julukan Los Blancos.

Sebutan Los Blancos diambil dari warna jersey utama Madrid yang berwarna putih. Julukan ini sudah muncul sejak awal berdirinya klub pada 1902. Tapi pada era 1950-an julukan ini jarang dipakai dan mulai populer lagi pada 1980-an.

Los Merengues
Sejak awal berdiri Madrid sudah terkenal dengan julukan Los Blancos karena jerseynya yang berwarna putih. Tapi selain Los Blancos, ada julukan lain yang ikut melekat, yakni Los merengues

Merengues berasal dari bahasa Spanyol Meringue. artinya adalah sebuah kue asal Prancis dengan toping gula di atasnya.

Sebutan Merengues lahir karena pada jersey Madrid zaman dulu memakai strip yang mirip tampilan kue asal Prancis tersebut. Alhasil, julukan Los merengues pun lahir.

Seperti juga julukan Los Blancos, julukan Los Merengues sempat menghilang pada era 1950-an. Tapi, pada 1980-an, julukan ini kembali dipoperkan oleh salah satu jurnalis Marca.

YE-YE TEAM

Julukan ini muncul pada 1960-an.  Kala itu Madrid merajai Spanyol dan Eropa.Nama “Ye-ye” berasal dari “Yeah, yeah, yeah” chorus dalam lagu The Beatles berjudul “She Loves You” setelah empat anggota tim berpose untuk harian Marca mengenakan wig khas The Beatles.

Los Vikingos
Julukan ini mulai terdengar pada 1970-n. Penyebabnya, adalah kecenderungan manajemen Madrid mengambil pemain-pemain asal Eropa bagian utara. Karena jumlahnya sangat banyak, julukan Los Vikingos pun muncul. maklum, kawasan Eropa utara terkenal dengan suku Viking yang melegenda.

Los Galaticos
Los Galaciticos adalah bahasa Spanyol untuk galaksi. Julukan ini muncukl setelah Presiden Florentino Perez mulai memperkenalkan kebijakan mengumpulkan pemain-pemain terhebat di dunia untuk bersatu di Santiago Bernabeu pada 2000 lalu.

Perez mewujudkan ambisi menyatukan Raul Gonzalez,  Zinedine Zidane, Ronaldo, Luis Figo, dan David Beckham dalam satu tim. Ambisi yang sebelumnya dianggap orang ibarat mimpi pada siang bolong itu akhirnya terwujud juga. tak pelak juluikan los Galacticos pun tersemat untuk Madrid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar